Selasa, 20 Januari 2015

Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil

“Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat) , sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Rabbnya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang mengulangi (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” (Al-Baqarah: 275)

Pagi-pagi group WA saya dah membahas masalah usaha, banyak orang ingin menambah atau menghasilkan income dengan cara membuka usaha namun untuk membuka usaha kadang-kadang tidak segampang membalikan telapak tangan tetapi jadi ingat kata-kata inspirasi bahwa "Seberapa tingginya jabatan kita di perusahaan kita masih karyawan, tapi seberapa kecilpun usaha kita namun kita tetap adalah Bos-nya"

Seorang teman di Bontang yang asalnya dia seorang karyawan di perusahaan yang cukup ternama akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang wiraswasta di bidang jualan pakaian dan produksi sekaligus jualan makanan  pula memberikan beberapa saran untuk memulai bisnis. Dia memulai usaha dengan modal yang terbilang kecil namun sekarang usahanya sudah semakin berkembang. 
mulailah bisnis atau usaha itu dengan BISMILLAH (jadi niatkan mencari rizki itu untuk ibadah sehingga menjadi berkah dan tidak melanggar larangan dari Allah SWT, aamiiin.)

1. Lihat berapa jumlah modal yang ada, sehingga kita bisa predeksi mau usaha apa kita.....
2. Amati apa yang kira-kira bisa dikulak dengan modal yang ada....ambil beberapa jenis  barang.....bandingkan mana yang paling prospek dijual...Prospek dalam arti paling diminati ya...
3. Tetapkan target  jualan, kira-kira siapa aja buyer kita setelah kita kulak nanti, jika kita kenal beberapa segmen tersebut tak ada salahnya bertanya...misalnya kalau saya jualan ini kira-kira kamu mau beli gak?
4. Kulakan dengan modal yang ada, jualan dengan tawakal
5. rajin mencatat berapa modal keluar dan berapa yang pemasukan juga jangan lupa catat pula berapa labanya...jadi ingat catatan seorang teman yang sudah menjadi manager di salah satu perusahaan Farmasi terkenal dia berkata kalau di sebuah industri salah satu hal yang harus anda kerjakan adalah "CATAT YANG ANDA KERJAKAN DAN KERJAKAN YANG ANDA CATAT"
6. Ulangi lagi sampai tercapai modal lumayan
7. Setelah modal lumayan...disini setidaknya kita udah dapat langkah pertama yaitu "MENTAL DAGANG"...meskipun belum sepenuhnya. Lanjut jika mencukupi verifikasi usaha lain tapi masih berhubungan dengan bisnis yang ada, misal : jika jual jilbab maka verifikasi usaha dengan jualan gamisnya.
8. Terus lakukan...sampai omzet banyak dan laba mencukupi...customer atau pelanggan banyak pula.
9. jika mampu investasi
10. jangan tunggu lama-lama kerjakan sekarang pun, kalau anda gak kerjakan gak akan tahu hasilnya terus kalau dah Ikhtiar terus aja ikhtiar dan akhirnya kita tawakal serta bersyukur apa yang nantinya terjadi.
itu beberapa hal yang disarankan teman saya untuk memulai usaha. Smoga beberapa saran diatas dapat menambah kita baik yang mau memulai atau sedang berjalan agar lebih semangat lagi untuk ikhtiar dan yang paling penting usaha kita diberkahi oleh Allah SWT dan dijauhkan dari hal-hal yang riba sesuai ayat mukadimah di atas,SALAM SUKSES....AAMIIIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar